Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Senin, 27 Juni 2011

0 Planet Raksasa Yang Mengorbit Beta Pictoris


(Epochtimes.co.id) Astronomy & Astrophysics merilis pengamatan beresolusi tinggi terhadap planet raksasa yang mengorbit bintang Beta (ß) Pictoris. 

     ß Pictoris yang tergolong berusia muda ini (sekitar 12 juta tahun) dan berukuran 75% lebih besar dari Matahari kita, terletak pada 63.4 tahun cahaya dari planet kita. ß Pictoris dikenal karena memiliki kekhasan berupa cakram debu yang memanjang dan terstruktur. 

     Faktanya, ß Pictoris merupakan satu-satunya bintang bercakram yang diamati langsung sejak 25 tahun yang lalu. Pada 2009, sebuah planet besar terlihat mengorbit di dalam piringan cakram. Dengan jarak orbital antara 8 sampai 15 AU, menjadikan ß Pictoris sebagai exoplanet terdekat dengan bintangnya yang telah berhasil diambil gambarnya. Planet ini menawarkan kesempatan baru untuk mempelajari proses pembentukkan planet, dan sekaligus interaksi antara planet-planet dengan cakram-cakramnya. 

     Sebuah tim astronomi internasional mengamati ß Pictoris dengan menggunakan instrumen VLT/NaCo pada gelombang inframerah sebesar 2.18 µm (2.18 mikrometer). Pengamatan sebelumnya dibuat dengan menggunakan panjang gelombang mendekati 4 µm. 

     Mereka mendeteksi planet ini lagi dan membandingkannya dengan hasil pengamatan sebelumnya. Dengan menggabungkan semua data yang ada, terlihat bahwa planet ini bergerak di sekeliling bintangnya, sesuai dengan hasil yang diharapkan dari data yang ada. Dengan menganalisa amatan terbaru ini, tim ini berhasil mendapatkan ukuran planet, yakni 7 - 11 kali massa Jupiter, dengan suhu efektif berkisar antara 1100-1700°C. 

     Data terbaru ini telah menceritakan pada kita sesuatu tentang pembentukan planet, khususnya karena system tata surya diluar tata surya kita ini masih tergolong muda. Planet ß Pictoris b ini masih hangat, menunjukkan bahwa planet ini masih menahan panas yang didapat jauh pada masa awal pembentukkannya. Planet ini terbentuk dengan cara yang sama dengan terbentuknya 4 planet raksasa di Tata Surya kita sendiri. Massa dan suhunya tidak dapat dijelaskan dengan beberapa model evolusi yang memiliki hipotesa bahwa energi akan dilepas secara total selama pembentukan material cakram. 

     Observasi lanjutan terhadap ß Pictoris b dengan NaCo dan instrumen VLT generasi baru SPHERE akan menyediakan detil lebih lanjut mengenai atmosfir dan keterangan orbital, dan bagaimana cara kawanan planet ini mempengaruhi cakram material yang mengelilinginya.  (ScienceDaily / den)

0 komentar:

Posting Komentar