Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Kamis, 05 Juli 2012

0 Puluhan Miliar Planet di Bima Sakti Bisa Didiami Manusia

Sekitar 80 persen dari bintang yang berada di Bima Sakti termasuk dalam kategori bintang merah

Para astronom memperkirakan terdapat puluhan miliar planet di Galaksi Bima Sakti yang bisa didiami oleh manusia. Kesimpulan itu diambil setelah mereka menganalisis planet-planet berpermukaan batuan yang mempunyai suhu yang tepat untuk mendukung kehidupan manusia.

Sebuah tim astronom Eropa, Rabu, mengatakan sekitar 40 persen dari bintang merah cebol - bintang yang paling banyak ditemukan di Bima Sakti - diorbiti oleh planet yang disebut "Bumi super", yang mengitarinya dalam zona yang mendukung habitat manusia, artinya di permukaan planet itu kemungkinan terdapat aliran air.

Dengan adanya sekitar 160 miliar bintang merah cebol di Bima Sakti, maka jumlah "dunia" yang cukup hangat dan basah untuk didiami oleh manusia sebenarnya sangat banyak.

Xavier Bonfils, dari Institute of Planetology and Astrophysics di Grenoble, Prancis, ilmuwan yang memimpin penelitian itu mengatakan angka 40 persen itu merupakan perkiraan maksimal dan mereka menepikan sejumlah planet lain yang lebih kecil.

Tim Bonfils merupakan tim pertama yang menghitung jumlah dari "Bumi-super" - planet yang massanya berkisar antara satu hingga sepuluh kali massa Bumi - yang berada di zona yang bisa didiami oleh manusia.

Sekitar 80 persen dari bintang yang berada di Bima Sakti termasuk dalam kategori bintang merah, yakni jenis bintang yang lebih redup dan dingin ketimbang Matahari (Matahari sendiri termasuk dalam kualifikasi bintang kuning).

Setelah meneliti 102 bintang merah di langit selatan menggunakan teleskop European Southern Observatory, yang terletak di Chile, Amerika Selatan, Bonfils dan rekan-rekannya menemukan bahwa planet yang berpermukaan batuan ternyata lebih banyak ketimbang planet gas raksasa, seperti Yupiter dalam sistem planet kita.

Meski demikian planet berpermukaan batuan dan mengorbiti bintang merah cebol tidak serta-merta bisa didiami oleh alien atau bentuk kehidupan lain.

Bintang merah cebol diketahui lebih dingin dari Matahari dan setiap planet yang mempunyai air dalam bentuk cair di permukaanya harus mengorbit lebih dekat ke bintangnya, bahkah lebih dekat dari jarak antara Matahari dengan Bumi.

Jika demikian maka kehidupan yang terdapat dalam planet itu akan diterpa oleh sinar X yang sangat berbahaya dan radiasi ultraviolet.

Penelitian Bonfils dan timnya akan dipublikasikan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics

0 komentar:

Posting Komentar