Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Senin, 27 Mei 2013

0 Hubungan DO dengan Suhu

Oksigen terlarut (Dissolved oxygen = DO) dibutuhkan oleh semua jasad hidup untuk pernapasan, proses metabolisme atau pertukaran zat yangkemudian menghasilkan energi untuk pertumbuhan dan pembiakan. Disamping itu, oksigen juga dibutuhkan untuk oksidasi dan anorganik dalam proses aerobik (Salmin, 2005).Oksigen terlarut merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam ekosistem akuatik, terutama sekali dibutuhkan untuk proses respirasi bagi sebagian besar organisme (Juin, 2002 dalam sembiring, 2008).
Hubungan DO dengan suhu dan Salinitas
Hubungan antar kadar oksigen terlarut jenuh dan suhumenggambarkan bahwa semakin tinggi suhu, maka kelarutan oksigenakan semakin berkurang kelarutan oksigen cenderung lebih rendahdaripada kadar oksigen di perairan air tawar ( Effendi, 2003 ).
Hubungan nitrat nitrogen dengan DO dan Suhu.
Proses oksidasi tersebut akan menyebabkan konsentrasi oksigenterlarut semakin berkurang terutama pada musim kemarau. Saat curahhujan sangat sedikit dimana volume aliran air di sungai menjadi rendah.Diiringi dengan tingginya temperatur dan apabila volume limbah tidakberkurang akan menyebabkan laju oksidasi tersebut meningkat tajam.Keadaan ini menyebabkan konsentrasi oksigen menjadi sangat rendah.Sehingga menimbulkan kondisi yang kritis bagi organisme air.( Barus,2001 )

0 komentar:

Posting Komentar