Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Kamis, 28 Juni 2012

0 Tradisi Tolak Bala dengan "Ngaha Karedo"

     Makan bubur “KAREDO” adalah budaya yang terus melekat dihati masyarakat Bima untuk menolak segala macam bentuk bahaya dan malapeta dan bisa menjauhkan segala macam penyakit-penyakit yang dialami oleh setiap individu. Dan kegiatan semacam ini juga masyarakat bima ketika Kampungnya akan turun penyakit dan banyak masyarakat yang sakit maka Tokoh Adat dan Tokoh Agama dan sleuruh masyarakat yang ada di lingkungan tersebut akan bermusyawarah untuk melaksanakan kegiatan makan Bubur bersama seluruh jalan raya atau dilapangan terbuka untuk mendo’akan semoga bencana tersebut cepat teratasi dan hilang.


     Kebiasaan Makan Bubur “KAREDO” ini juga sering dilakukan oleh masyarakat apabila yang bersangkutan melihat mimpi-mimpi buruk, mau panen Padi atau tanaman lain biasanya masyarakat tersebut akan mengundang anak-anak kecil mulai dari umur 2 tahun – 8 tahun untuk makan bersama-sama di rumah orang yang mengundangnya dan kemudian anak-anak tersebut setelah makan bubur “KAREDO” akan diberikan hadiah lagi berupa uang saku atau belanja sebesar RP.2000 perorang.

      Fita adalah termasuk anak yang diundang untuk makan bubur “KAREDO” merasa senang kalau ada yang mengundangnya untuk makan bubur karena selama ini dia tau ketika dia makan bubur “KAREDO” akan diberikan hadiah terus makanya ketika anak-anak itu di undang untuk makan bubur pasti senang sekali. (ungkap Fita). Makan bubur “KAREDO” biasa dilakukan pagi-pagi sebelum anak-anak pergi ke sekolah sekitar 06.00 dan diperkirakan sampai 15 menit baru selesai dan tempat untuk makan bubur yang sering di pakai untuk masyarakat adalah di teras-teras rumah.

0 komentar:

Posting Komentar