Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Kamis, 28 Juni 2012

0 Hutan Wisata Di Kota Bima

Taman Ria Di Jantung Kota Bima
     Banyak titik di Kota Bima yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk hutan wisata. Karena topografi wilayah kota Bima dikelilingi pegunungan. Disamping itu, di tengah kota ada bukit yang dikenal dengan “ gunung dua”. Potensi ini rupanya menarik perhatian jajaran Pemerintah Kota Bima untuk mengelola dan memanfaatkannya menjadi hutan kota sekaligus hutan wisata.  
  
     Keberadaan hutan wisata, disamping bertujuan untuk menghijaukan kota, juga bermanfaat bagi paru-paru lingkungan dan kegiatan wisata.

Untuk tahap awal, kegiatan penataan hutan kota difokuskan  pada dua titik
Bukit Dana Taraha, Kompleks Makam Para Sultan Bima


yaitu di Gunung Dua dan Taman Ria serta di bukit Dana Taraha. “ Dua tempat itu sangat representative, karena berkaitan dengan situs Wadu Ntanda Rahi di gunung Dua dan Situs makam Sultan Bima di bukit Dana Taraha. “

     Demkian diungkapkan Kepala Bapeeda Kota Bima, Ir. Julkifli. Dikatakannya, untuk langkah awal Pemkot mengagendakan penataan rutin dengan melibatkan Dinas Instansi terkait.

     Menyinggung mengenai tanaman yang akan ditanam di areal tersebut, Julkifli mengemukakan bahwa disamping tanaman hias, jajaran Pemkot Bima juga akan menanam pohon pelindung lainnya sweperti Gaharu, Kawi, Asam, kemiri dan nggela.

     Beberapa pohon khas Bima seperti Nggela dan Kawi yang akan ditanam itu disamaping dimaksudkan dalam rangka pelestarian dan budidaya tanaman local, juga karena tanaman/pohon tersebut sangat cocok dengan iklim Bima yang tropis. “ Diharapkan pada tahun 2012, penataan itu sudah rampung dan pada tahun-tahun mendatang tinggal memasuki fase pemeliharaan.” Tutur Julkifli.

Di Ambil Dari :
http://sarangge.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar