Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Kamis, 28 Juni 2012

0 Ikan Lele Bima Bersih dan Higenis

     Hal itu dikemukakan Walikota Bima H. Qurais H. Abidin saat melakukan panen perdana ikan Lele di Kelompok Wirausaha Pemula Perikanan Kelurahan Rabangodu Selatan (12/2). Walikota yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima , Sekda  dan sejumlah Pejabat Lingkup Pemerintah Kota  Bima  itu mengemukakan,  apa yang dilakukan oleh kelompok wirausaha pemula tersebut merupakan salah satu upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan ikan air tawar, disamping itu, budidaya ikan lele juga akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga.” Hanya saja selama ini kita kurangi mampu mengelola usaha kita sehingga banyak yang gagal.” Ungkap Qurais.


     Disamping itu, menurut Qurais, sebagai wirausaha pemula tentunya masih banyak membutuhkan bimbingan dari Dinas terkait agar usaha  dapat berkembang dan memotivasi kelompok lain untuk melakukan hal yang sama. “ Saya ingin ikan lele yang ada dikota bima memiliki keunggulan, yakni bersih dan higienis sehingga diminati pangsa pasar, ungkapnya sebagaimana dikutip kabag Humaspro L. Sukarsana, S, Ip.

     Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Bima Ir. Syarafudin mengatakan bahwa Budidaya ini bertujuan selain meningkatkan pendapatan keluarga juga  untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya perikanan budidaya di Kota Bima, menyerap tenaga kerja, mengembangkan kultur kewirausahaan melaui kegiatan pembudidayaan ikan lele yang dikelola dalam manajemen kelompok. Sumber anggaran Kegiatan Budidaya ini berasal dari Dana Tugas Perbantuan ( APBN ) tahun 2010 sebesar Rp.628.560.000, untuk kegiatan pengembangan WiraUsaha Budidaya sebesar  Rp.562.500.000.pelaksana dari kegiatan ini adalah CV. Langkah Jaya Lewirato dengan nilai kontrak Rp. 490.736.000, ( 87,24% ) dari pagu dana.

     Realisasi dari kegiatan sampai 31 Desember 2010 , dari dana tersebut disalurkan pada 8 Kelompok yang tersebar di 4 Kecamatan yang terbagi dalam 75 paket,yakni Rasanae Timur 33 Paket,Raba 12 Paket,Mpunda 22 paket dan AsaKota 6 paket. Dana tersebut  dipergunakan untuk pembelian Terpal 150 lembar, bibit lele 297.000 ekor dan pakan 28.600 kg.

      Kepala UPP Dislutkan Kota Bima Abdul Haris mengatakan bahwa program yang dilaksanakan ini tentunya mampu memotivasi masyarakat dalam menghadapi tantangan kekinian dalam rangka menciptakan lapangan usaha yang berimbas pada berkurangnya angka kemiskinan.

Di Ambil Dari :
http://sarangge.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar