Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Kamis, 28 Juni 2012

0 Saronco Wua Parongge

     Disamping daun, buah kelor juga bisa diramu menjadi sayur. Bagi masyarakat Bima, sayur buah kelor bisa dibuat sayur santan dengan daging Rusa, tulang Rusa maupun diramu dalam bentuk sayur asam yang dikenal dengan Saronco Wua Parongge. Dalam bahasa Jawa buah kelor disebut klentang. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendok (Jawa).


     Pengembangbiakannya dapat dengan cara stek.Buah kelor diketahui mengandung alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor ini biasanya disayur asam sebagai sayur yang lezat bagi orang Bima.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saronco Wua Parongge antara lain :
1. 8 batang buah kelor yang besar tapi tidak tua
2. 1 ikat kangkung
3. 5 butir bemea (okra)
4. 6 butir bawang merah (potong-potong)
5. 1 buah tomat ukuran besar
6. 2 liter air
7. 1 gelas air asam
8. 3 batang asam matang.

Bumbu-bumbunya antara lain :
1. Garam secukupnya
2. Gula seujung sendok teh
3. Penyedap rasa sedikit bila suka.

Cara membuatnya :
Siangi buah kelor dengan cara membuang kulitnya kemudian potong sepanjang 7 atau 8cm, kangkung dipotong-potong, okra dipotong-potong kira-kira 1-2cm (pisahkan), tomat dan bawang dipotong-potong. Rebus air hingga mendidih, masukkan buah kelor terlebih dahulu kemudian diikuti sayuran lainnya. Masukkan bawang merah, tomat dan air asam serta garam dan gula.  Dan masak terus hingaga matang jangan sampai terlalu matang karena buah kelor akan terpisah-pisah dan bamea akan terlalu berlendir.

Di Ambil Dari :
http://sarangge.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar