Hallo,, selamat datang di blog ku,, jangan lupa di follow yah,, tinggalin komentarnya juga,,

Selasa, 26 Juni 2012

0 Oi Wobo

     Obyek wisata yang satu ini merupakan obyek wisata alam sekaligus sejarah. Karena tempat ini juga dikenal dengan pesanggrahan (tempat peristirahatan) para pejabat Belanda dan di bangun pada masa kolonial. Jaraknya hanya sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Bima.

     Suasana sejuk serta jernihnya air dari kolam renang yang merupakan ciri khas obyek wisata ini. Oi Wobo terletak di desa Maria Kecamatan Wawo.

     Setiap akhir pekan Oi Wobo selalu di kunjungi wisatawan domestik. Obyek wisata ini sering pula digunakan oleh Jajaran Pemerintahan Kabupaten Bima untuk rapat dan menggelar berbagai kegiatan.

     Menurut legenda, adanya mata air Wobo ini berawal dari keinginan Putera Mahkota Kerajaan Bima untuk melakukan perjalanan dan petualangan ke arah matahari terbit. Ketika di tengah hutan mereka kelaparan dan kehausan. Sementara bekal mereka sudah habis. Akhirnya Putera Mahkota mengeluarkan tongkatnya dan Wobo (Bima = Cambuk). Putera Mahkota memukul bebatuan di sekitar hutan itu, maka keluarlah mata air di celah bebatuan. Alangkah girangnya semua pengikut Putera Mahkota itu, Mereka meminum sepuas-puasnya.

     Pada perkembangan selanjutnya mata air itu mengalir menuju kesegala lini. Masyarakat mendekati tempat itu dan mendirikan perkampungan yang hingga saat ini di kenal dengan Rasa Wawo (Kampung Atas). Karena lokasinya memang di daerah pegunungan dengan cuaca yang dingin dan sejuk. Pada masa kolonial disekitar mata air ini di bangun sebuah tempat peristirahatan yang di kenal sebagai pesanggrahan. Di Bima ada dua bangunan bersejarah yang di bangun semacam ini, yaitu di Wawo dan Donggo. Keduanya memang berada di daerah pegunungan yang dingin dan sejuk.

     Pesanggrahan dan kolam renang Oi Wobo adalah salah satu sumber sejarah dan situs PAD bagi Pemerinah Daerah Kabupaten Bima. Biaya masuk ke lokasi ini sebesar Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4, dan Rp. 1000 per orang. Perlu penataan dan pengelolaan yang profesional dalam rangka memanfaatkan obyek wisata ini demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Di Ambil Dari :
http://bimaitumbojo.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar